I made this widget at MyFlashFetish.com.

Selasa, 18 Januari 2011

SPP


Simpan Pinjam Perempuan (SPP) yang ada di Kecamatan Haruyan sudah sampai pada perguliran ke 12. perkembangan kelompok di Kecamatan Haruyan adalah yang tertinggi dibanding kecamatan lain. Hal ini juga sebanding dengan adanya tunggakan-tunggakan beberapa desa.
Kalau kita bandingkan di kecamatan lain yang lebih sedikit perkembangan kelompoknya, Kec. Haruyan menduduki peringkat paling atas untuk urusan tunggakan. Mengapa demikian? Di Kecamatan lain pertumbuhan dan perkembangan kelompok sangat sedikit dan tunggakan pun dapat diminimalkan. Dan salah satu kenapa di Kecamatan lain sedikit tunggakan bahkan tidak ada sama sekali tunggakan? Itu karena besar pinjamanmnya tidak sama dengan di Kecamatan Kita.
Beruntung sekali bagi anggota-anggota kelompok yg ada di Kecamatan Haruyan bisa meminjam 3jt /anggota. Kalau di kecamatan lain ada yg Cuma 1,5 jt sampai 2,5 jt saja.
Di Kecamatan Kita yaitu Haruyan, besar pinjaman yang sampai 3jt per anggota saja banyak yg tidak mampu. Temuan dilapangan bahwasanya para anggota tidak bisa menggunakan pinjaman sesuai penghasilan sehari-hari untuk mengangsur pinjaman tersebut dan terjadilah keterlambatan pembayaran bahkan sampai terjadi tunggakan. Lain hal-nya di kecamatan tetangga, pinjaman mereka sudah sampai 5jt per anggota, itu dikarenakan tepat waktu pembayaran dan tidak adanya tunggakan dan UPK Kecamatan tersebut pun berani meminjamkan   atau menggulirkan 5jt per anggota.(RDN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar